Ilmuwan Bikin Pengirim Pesan Rahasia Tak Terduga


Headline

Beijing – Ilmuwan berhasil mengembangkan metode mengenkripsi informasi guna mengirim pesan-pesan rahasia. Media yang digunakan sungguh mengejutkan. Apa itu?

Untuk mengirim pesan rahasia ini secara aman, para ilmuwan menggunakan media bakteri E.coli. Menurut temuan yang diterbitkan di jurnalProceedings of the National Academy of Sciences itu, para ilmuwan melakukannya dengan rekayasa genetik pada bakteri.

Melalui modifikasi gen E.coli yang terpilih, ilmuwan membuat bakteri ini mampu menghasilkan protein berpendar yang dapat menyala dan menampilkan salah satu dari tujuh warna saat terpapar sinar ultraviolet.

Pengaturan warna menciptakan sistem kode untuk mewakili seluruh alfabet, angka 1-9 dan beberapa simbol lain. Menariknya lagi, pesan yang ada dalam bakteri tak bisa terdeteksi hingga penerima membukanya dengan mencelupkan bakteri ini pada solusi penumbuh bakteri khusus.

“Jelas sekali, agen rahasia ini memiliki cara mengirim pesan dengan sangat aman, mencegah pemalsuan dan memberi otentikasi,” papar kepala penulis studi David Walt dari Tufts University di Massachusetts seperti ditulis Xinhua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: