Yahoo! Post Coba Bangun Jaringan Komunitas Baru


Yahoo meluncurkan Yahoo! Post, fitur terbaru yang menggabungkan kegiatan pencarian dan sosial. Lewat fitur ini, pengguna bisa mencari konten sesuai ketertarikan dan membuat komunitas baru yang memiliki ketertarikan yang sama.

Peluncuran dilakukan Rabu (21/9/2011) di Jakarta. Ini adalah peluncuran Yahoo! Post ketiga di dunia setelah Hong Kong dan Korea. Yahoo! Post bisa diakses di http://id.post.yahoo.com oleh siapa pun yang memiliki akun Yahoo dan sejauh ini masih terbatas pada konten lokal.

Mengungkapkan latar belakang pengembangan Yahoo! Post, Aryo Kresnadi, Regional Product Marketing Manager Yahoo! Asia Tenggara mengatakan, “85 persen pengguna internet Indonesia melakukan kegiatan pencarian dan 91 persen pengguna melakukan kegiatan sosial.”

Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo Indonesia mengungkapkan, Yahoo! Post berbeda dengan forum dan media sosial lainnya. “Bukan sekadar sosial. Dengan memasukkan kata kunci, kita bisa mendapatkan topik yang kita butuhkan,” cetus Pontus.

Perbedaan lain adalah penentuan moderator forum. Di Yahoo! Post, moderator dipilih secara demokratis berdasarkan pilihan orang yang terlibat forum itu. Moderator juga bisa diberi sanksi bila melanggara ketentuan forum.

Untuk mengakses Yahoo! Post, pengguna wajib memiliki ID email di Yahoo. Setelah log in dengan menggunakan ID tersebut, pengguna bisa memulai pencarian konten, masuk dan memberi komentar ke forum tertentu hingga membuat forum baru.

Sama seperti di forum lain, pengguna juga bisa mengunggah gambar, foto, dan video dalam posting di forum. Anggota di Yahoo! Post terbagi dalam 3 status, kontributor, voter dan moderator. Peningkatan status ditentukan oleh aktivitas di forum dan rating posting yang dicapai. Untuk jadi moderator misalnya, perlu minimal 50 posting dan dipilih oleh setengah dari total voter.

Yahoo! Post yang ada saat ini masih dalam versi beta, jadi membuka pengembangan berikutnya. “Salah satu yang kita mau kembangkan adalah integrasi dengan fitur Yahoo! yang lain, seperti Koprol dan Flickr,” jelas Aryo.

Pembuatan Yahoo! Post terkait dengan strategi bisnis Yahoo. “Menemukan konten serta menjaring komunitas,itu salah satu strategi kami. Ini tidak langsung terkait ke revenue, tapi lebih pada cara kami untuk engage pengguna dan komunitas,” jelas Pontus.

Pontus mengakui bahwa telah banyak forum yang disediakan di web lain. Namun menurutnya,search dan social adalah lahan yang besar sehingga membuka peluang bagi siapapun untuk ikut serta bermain. Yahoo! pun punya alasan kuat untuk terlibat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: