Awas, Tiga Penyakit Mengancam di Musim Hujan


Awas, Tiga Penyakit Mengancam di Musim Hujan

– Memasuki musim hujan, masyarakat diminta untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, saat musim hujan tak hanya ancaman DBD yang harus diwaspadai. Selain itu ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai antara lain, Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), dan diare.

“Saat musim hujan biasanya kasus DBD mulai meningkat, karena tempat berkembang biak nyamuk semakin banyak. Tapi, penyakit lainnya seperti ISPA dan Diare juga harus diwaspadai,” kata Ahyani kepada wartawan di Kantor Diskes Jalan Wr Supratman, Jumat (7/10/2011).

Ahyani mengatakan, sampai saat ini belum ada kasus DBD yang tercatat di Diskes. Dia pun berharap di musim hujan kali ini kasus DBD tidak meningkat.
“Mudah-mudahan tahun ini kasusnya tidak meningkat,” katanya.

Untuk mencegah penyebaran DBD, dia meminta masyarakat giat melakukan program 3M yaitu Menguras dan Menutup bak penampungan air serta Mengubur barang-barang bekas yang berpotensi jadi sarang nyamuk. Dengan cara itu, kata dia, perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty penyebab DBD dipastikan akan terhambat.

“Jangan sampai jentik nyamuk berkembang biak karena ada genangan air. Faktor lingkungan sangat berpengaruh pada penyebaran vektor nyamuk,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: