8 Prinsip Budaya Makan Sehat Ala India


Setiap orang butuh makan untuk menunjang kelancaran dalam beraktivitas dan mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, disisi lain, makanan juga bisa menyebabkan kita jatuh sakit seperti misalnya obesitas dan gangguan pencernaan.

Penerapan budaya makan sehat sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Salah satunya seperti yang tertuang dalam sebuah kitab dari India, Ayurveda. Prinsip dasar dari Ayurveda adalah mencegah timbulnya penyakit dengan menjaga keseimbangan tubuh, pikiran, jiwa dan lingkungan. Berikut adalah 8 (delapan) prinsip budaya makan sehat ala India:

1. Selalu makan makanan segar dan sajikan ketika masih hangat. Buat semenarik mungkin sehingga menimbulkan rasa, aroma dan estetika yang menggugah selera.

2. Pastikan bahwa makanan tersebut kaya bumbu dan rempah-rempah, dan menggunakan bahan-bahan yang menyeimbangkan rasas yang berbeda. Masaklah dalam keadaan pikiran yang damai.

3. Jangan memulai makan ketika Anda sedang stress atau emosional.

4. Sebelum mulai makan, fokuskan perhatian Anda pada makanan, yang merupakan dasar energi tubuh. Buatlah pengharapan bahwa unsur-unsur yang terkandung dalam makanan tersebut bermanfaat bagi kesehatan, kekuatan, dan keseimbangan. Disamping itu, Anda juga dapat mengucapkan doa untuk menenangkan pikiran.

5. Makan jangan terlalu lambat atau terlalu cepat. Jangan berbicara dengan makanan di mulut.

6. Beri jarak minimal empat jam antara makan pagi dan siang dan 10 sampai 12 jam antara makan malam dan sarapan. Untuk makan malam, setidaknya dua jam sebelum tidur.

7. Minumlah air setengah jam sebelum atau setengah jam setelah makan. Jangan minum selama Anda sedang makan.

8. Makan cukup untuk mengisi dua pertiga dari perut Anda. Jangan mengisi perut Anda penuh dengan makanan. Dengan makan berlebih, makanan yang tidak tercerna akan tetap berada di lambung dan usus sehingga mengarah pada pembentukan toksisitas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: