Taher Elgamal:Pria di Balik Keamanan Data Internet


Headline

Teknologi Secure Socket Layer (SSC) kini banyak digunakan untuk mengamankan komunikasi dan data di web. Teknologi tentunya tak begitu saja muncul. Siapa pelopornya?

Taher Elgamal merupakan pria yang telah berjasa menciptakan teknologi ini. Baru-baru ini, pria ini memperingatkan para hacker (peretas) bisa muncul kembali untuk menyerang.

Taher yang lahir di Kairo, 18 Agustus 1955 ini mendapat gelar Bachelor of Science dari Cairo University pada 1977. Gelar Master dan Doctorate dalam bidang Teknik Elektro ia dapatkan dari Stanford University pada 1981 dan 1984.

Pada 1984, pria bergabung dengan Hewlett-Packard Laboratories. Kemudian, pada 1995-1998, ia menjadi kepala ilmuwan di Netscape Communications tempat ia menempa teknologi ciptaanya, SSL.

Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi Direktur teknis RSA Security Inc sebelum akhirnya mendirikan Securify pada 1998 dan menjadi CEO perusahaan itu. Saat Securify diakuisisi Kroll-O’Gara, Elgamal menjadi presiden grup keamanan informasinya.

Pada 2008, Securify diakuisi Secure Computing dan kini menjadi bagian McAfee. Selain itu, ia juga menjadi dewan direksi Vindicia, perusahaan yang menawarkan layanan pembayaran online. Pada 2006, ia bergabung Tumbleweed Communications menjabat sebagai Chief Technology Officer

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: