Menjilat Luka Bikin Cepat Sembuh


Ketika Anda mengalami luka goresan sehingga sedikit berdarah, biasanya Anda segera menjilat luka tersebut atau mengulumnya dengan harapan darah akan berhenti mengalir. Banyak orang yang menganggap cara tersebut tidak higienis, tapi tak sedikit pula yang punya keyakinan bahwa menjilat luka justru akan membuat luka cepat sembuh. Mana yang benar?

Beberapa ilmuwan dari Belanda pernah mengidentifikasi suatu senyawa dalam ludah manusia yang ternyata mampu mempercepat penyembuhan luka. Karena ludah merupakan cairan kompleks dengan banyak komponen, mereka berusaha mengidentifikasi komponen mana yang berperan dalam penyembuhan luka.

Dengan menggunakan beragam teknik, peneliti memisahkan ludah ke dalam komponen-komponen individual, menguji masing-masing dalam beragam jenis luka, dan akhirnya menemukan bahwa histatin adalah komponen yang berfungsi sebagai penyembuh luka tersebut. Histatin merupakan sejenis protein yang dapat dengan cepat memulihkan luka karena memiliki zat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiperadangan.

“Studi ini tidak hanya menjawab pertanyaan biologis mengapa binatang biasa menjilat luka-luka mereka,” kata Gerald Weissmann, MD, pemimpin redaksi jurnal The FASEB. “Penelitian ini juga menjelaskan mengapa luka-luka di dalam mulut, seperti saat pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan luka pada kulit dan tulang. Hal ini juga mengarahkan kita untuk mulai memandang liur sebagai sebuah sumber untuk obat-obatan baru.”

Berita baiknya, menurut para peneliti senyawa ini memang bisa diproduksi secara massal, sehingga berpotensi menjadi semacam krim antibiotik dan spiritus. Oleh karena itu temuan para pakar ini memberikan harapan bagi orang-orang yang mengalami luka yang kronis akibat diabetes dan kelainan lain, seperti cidera traumatik dan luka bakar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: