Kupas Manfaat Dari Kulit Buah


Kita mungkin  sering  mengabaikan kulit buah, padahal jika kita meninjau lebih jauh lagi kulit buah ini memiliki banyak manfaat dan juga khsiat yang luar biasa untuk kesehatan. Sayapun baru sadar ternyata kulit buah yang selama ini kita buang ternyata bisa berguna, setelah membaca dari berbagai macam artikel dan referensi akhirnya saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang khasiat dari berabagai kulit buah dibawah ini yang berguna untuk kesehatan.

Kulit apel

Kita mungkin enggan mengkonsumsi kulit apel, padahal kulit apel ini menyimpan berbagai macam  khasiat, dianataranya kulit apel ini kaya akan quercetin, atau antioksidan yang mampu membunuh kanker. Beberapa riset menyebutkan sebagian sebagian besar zat penting terdapat pada kulitnya.

Kulit Kentang

Saya juga baru tahu kalau kulit kentang ternyata memiliki serat yang mengenyangkan utnuk tubuh. Untuk  cara mengolahnya kita bisa memasaknya dengan cara membuat keripik kentang namun prosesnya bukan digoreng  melainkan di oven. Proses memangang lebih sehat dibandingkan digoreng.

Kulit Jeruk

Biasanya yang saya tahu kulit jeruk itu digunakan untuk olahan kue, namun ternyata selain itu juga kita bisa meraup manfat lain yang terkandung di dalamnya. Kulit jeruk disinyalir mengandung d-limonene atau senyawa yang sangat penting untuk melawan kanker. Untuk cara mengolahnya kita bisa membuat semacam sambal. Iris kulit jeruk , kemudian bisa dicampurkan 1 atau 2 sendiok makan kacang-kacangan, tomat dan juga bumbu lainnya pelengkap sambal.

Kulit Kiwi

Buah kiwi memang sangat kaya vitamin yang terkandung di dalamnya, ini yang membuktikan buah tersebut adalah buah yang cukup mahal di pasaran. Namun untuk kulit kiwi sendiri juga tak kalah memiliki peran penting untuk kesehatan yakni kandungan vitamin E dan Flavonoidnya sangat tinggi sehingga dipercaya menangkal berbagai macam bibit penyakit.

Kulit wortel

Tak asing lagi dengan  khasiat wortel namun disisi lain wortel juga memiliki kulit yang sangat berperan untuk kesehatan mata dan juga menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit dari  luar. Kulit wortel memiliki kandungan beta karoten yang cukup ampuh sebagai antioksidan.

Setelah memabaca manfat  berbagai macam manfaat kulit buah ini, akhirnya cukup membuat  saya sadar  bahwa setiap apapaun yang diciptakan di dunia ini pasti memiliki manfaat yang berguna untuk manusia, dan tidak ada yang diciptakan sia-sia. Semoga bermanfaat…^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: