Ritual Unik Kawinkan Kucing


Warga Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar ritual unik yakni mantu kucing. Ritual yang mengawinkan sepasang kucing jantan dan betina ini diyakini mampu mendatangkan hujan.
Ritual Unik Kawinkan Kucing untuk Datangkan Hujan Ritual Unik Kawinkan Kucing untuk Datangkan Hujan
Tradisi ini dilakoni warga Desa Kumendung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, di sebuah makam petilasan Mbah Kopek.

Sepasang pengantin kucing jantan dan betina diarak keliling desa sebelum dikawinkan. Dalam iring-iringan ini ratusan warga ikut meramaikan ritual yang digelar setiap musim kemarau ini.

Tak ubahnya seperti pengantin, sepasang kucing diarak dan ditandu berkeliling desa. Saat memasuki jalan di penghujung desa, kucing jantan dan betina dipertemukan. Keduanya kemudian dibawa menuju makam Mbah Kopek.

Setelah memasuki pelataran makam sepasang kucing diarak menuju Sendang Kuno yang diyakini menjadi sumber penghidupan warga. Di tempat ini sepasang hewan lucu itu itu dimandikan sebagai puncak ritual mantu kucing.

Warga yang menyaksikan ritual unik ini sontak menyerbu sendang kuno. Mereka berebut mandi di sendang tersebut karena diyakini bisa membawa berkah.

Dalam ritual mandi ini seorang tokoh warga sempat mengalami kesurupan. Warga meyakini jika kesurupan sudah terjadi, maka permintaan akan datangnya hujan sudah dikabulkan.

Huzaini, tokoh Desa Kumendung, Senin (14/11/2011), menjelaskan desanya sudah dilanda kemarau panjang.

“Ritual mantu kucing di Desa Kumendung sudah 30 tahun tidak dilakukan karena ada perbedaan pendapat antartokoh masyarakat setempat. Tapi tahun ini kembali dibangkitkan warga,” ungkap Huzaini.

Kucing diyakini sebagai simbol hewan yang bisa menjadi perantara mendatangkan hujan karena karena hewan itu dikenal sangat jarang sekali bahkan tidak pernah mandi menggunakan air.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: