Inilah 8 Kegunaan Teh untuk Merawat Rumah


img

Teh tidak hanya nikmat diminum dan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi daun yang mengandung isoflavon ini ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan rumah. Seperti dikutip dari Care2, berikut delapan kegunaan lain dari teh untuk ‘kesehatan’ rumah Anda.

1. Membersihkan Karpet
Karpet yang telah berusia lama biasanya menimbulkan bau apek dan berdebu. Membersihkan karpet dengan air dan deterjen tentunya bisa merusak bahannya. Sementara hanya menyedotnya dengan vacuum cleaner tidak bisa menghilangkan bau. Solusinya, taburkan serbuk daun teh pada permukaan karpet. Setelah didiamkan 10 menit, bersihkan dengan penyedot debu. Karpet pun bersih dan beraroma segar.

2. Mengilapkan Lantai Kayu
Bagi Anda yang menggunakan kayu untuk lantai rumah, teh hitam bisa membantu mengilapkan dan mempertahankan warna kayu. Siapkan air dan cairan pembersih lantai seperti biasa, kemudian tambahkan satu hingga dua cangkir teh hitam yang sudah diseduh. Gosokkan pel pada seluruh lantai dan biarkan mengering.

3. Memoles Furnitur
Seduhan teh juga bisa membantu membersihkan dan mengilapkan furnitur dari kayu. Celupkan kain pada air teh, dan gunakan untuk mengelap meja, kursi dan perabotan kayu lainnya.

4. Membersihkan Cermin dan Jendela
Teh bisa membersihkan cap jari tangan yang tertinggal pada perabotan kaca, sekaligus membuatnya lebih bening dan bercahaya. Cukup gosokkan kantung teh yang masih setengah basah pada permukaan cermin atau kaca. Atau, masukkan air teh ke botol spray, semprotkan pada kaca dan keringkan dengan lap bersih.

5. Menghilangkan Noda pada Kloset
Noda kecoklatan pada lubang kloset seringkali sulit dibersihkan dan membuat toilet terlihat kotor. Gunakan kantung teh bekas untuk membersihkannya. Masukkan kantung teh pada lubang kloset, diamkan beberapa jam, dan siram atau flush. Noda akan terangkat dan lebih mudah dibersihkan dengan sikat.

6. Melenyapkan Bau Amis pada Ikan
Bilas tangan Anda dengan air teh setelah makan atau memasak ikan. Bau amis ikan akan hilang seketika.

7. Menyegarkan Aroma pada Kulkas
Kulkas kerap menimbulkan bau tak sedap karena tersimpan berbagai macam makanan di dalamnya. Agar aroma kulkas lebih segar saat dibuka, tempatkan beberapa kantung teh di dalam kulkas. Kantung teh bisa menyerap bau-bau tidak sedap.

8. Pengharum Mobil
Produk pengharum mobil menggunakan pewangi sintetis yang mengandung bahan kimia. Pada sebagian orang, bahan kimia bisa menimbulkan reaksi alergi. Sebagai alternatif pegharum mobil yang aman, gunakan campuran serbuk teh dan bunga lavender atau teh herbal, lalu bungkus dengan kain kassa. Letakkan di bawah kursi untuk menghilangkan bau tak sedap.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: