Waspadai Nyeri Haid Berat


Jangan abaikan keluhan nyeri haid yang berat. Apalagi jika nafsu makan menghilang dan terjadi penurunan berat badan meski tidak melakukan diet. Menurut penelitian itu merupakan gejala-gejala kanker ovarium.

Walau pun kanker ovarium sering tidak bergejala, tetapi menurut penelitian di Singapura, jenis kanker ovarium yang agresif banyak ditemukan pada wanita yang menderita endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi di mana lapisan dalam rahim yang bertanggung jawab pada menstruasi ditemukan di luar rahim. Gejalanya adalah nyeri haid yang berat, nyeri pada bagian panggul dan sulit hamil.

Penelitian dilakukan oleh Profesor Tay Sun Kuie dari Singapore General Hospital. Ia melakukan penelitian terhadap 256 pasien kanker ovarium.

Ia menemukan perempuan yang tidak pernah hamil beresiko 14 persen lebih tinggi menderita kanker yang agresif ini dibandingkan pasien yang setidaknya pernah melahirkan satu anak. Penderita kanker ini juga mayoritas adalah wanita yang menderita nyeri haid berat.

Selain itu diketahui pula bahwa terjadi kenaikan penderita jenis kanker ovarium yang agresif. Kanker ini diderita 13,4 persen pasien kanker ovarium di tahun 2007.

Menurut data angka harapan hidup pasien kanker ini rendah, yakni kurang dari 40 persen, dibandingkan dengan jenis kanker ovarium lainnya yang mencapai 70 persen jika dideteksi dini.

“Kami berharap hasil penelitian ini membantu dokter dalam diagnosa yang lebih baik terutama dalam kasus kanker ovarium,” katanya.

Ia juga menyarankan agar para wanita lebih mengenali tubuh masing-masing, terutama lebih waspada jika ada gejala yang tidak biasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: