4 Alas Kaki yang ‘Rusak’ Kesehatan


Jakarta – Alas kaki menjadi salah satu item fesyen favorit perempuan untuk membuat penampilan kakinya menjadi sempurna dan sempurna

Namun jika salah dalam memilih alas kaki, justru akan berakibat fatal. Karena pemilihan sepatu yang salah dapat menghambat gerak, membuat gemuk, dan dapat membuat cedera.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, berikut beberapa model sepatu yang membahayakan kesehatan kaki terlebih wanita.

High heels

Ada alasan kebanyakan wanita rela melupakan kenyamanan untuk memilih menggunakan stiletto. Mengenakan alas kaki dengan beberapa tambahan inci membuat seseorang terlihat lebih ramping, menonjolkan otot betis, dan bahkan mengangkat bagian pantat.

Tetapi mungkin dapat menybabkan kerusakan permanen jika sering menggunakan sepatu model ini.

Sebuah studi pada 2011 yang dilakukan oleh peneliti Denmark menemukan bahwa, berjalan di tumit sebagai menggunakan heels dapat meningkatkan risiko osteoarthritis sebanyak enam kali lipat.

Sepatu flat

“Sepatu flat juga sering dibicarakan merupakan model yang aman dan sehat untuk kaki. Tetapi kenyataannya adalah bahwa sebuah sepatu flat balet atau kanvas kasual sekalipun dapat menyebabkan masalah pada kaki. Sehingga tidak semua sepatu flats dapat memberikan dukungan yang baik untuk kaki,” kata Megan Leahy, DPM, ahli penyakit kaki dan tulang dari Illinois Bone and Joint Institute, Chicago.

Sepatu ala rocker

Sepatu rocker tunggal atau sepatu rocker bottom adalah sepatu yang memiliki sol lebih tebal dari normal dengan tumit bulat. Model sepatu seperti ini menyebabkan pemakainya tidak memiliki pijakan datar sepanjang sumbu proksimal bagian luar kaki.

“Sepatu dengan sol rocker atau bulat dapat meningkatkan aktivitas otot dan membakar kalori. Namun, sebenarnya model sepatu ini secara medis awalnya direkayasa untuk membantu pasien dengan nyeri pada bola kaki,” kata Dr Leahy.

Telapak yang kaku dapat mencegah lengkungan alami yang dapat melenturkan kaki. Akhirnya, hal tersebut dapat meratakan lengkungan. Sehingga menyebabkan kaki kurang menyerap beban, dan lutut akan mengambil tekanan ekstra.

Sandal jepit

Sendal jepit memang sering dibicarakan sebagai alas kaki yang paling nyaman dan aman, serta menjadi favorit sebagian orang. Namun sebenarnya beberapa model sendal jepit tidak seaman yang dibayangkan kebanyakan orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: