Fakta Unik Kandungan Gizi Sperma bagi Kesehatan


HeadlineJakarta – Sperma yang masuk ke dalam tubuh wanita tidak hanya digunakan untuk proses pembuahan melainkan mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan perempuan. Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan Gordon Gallup dan Rebecca Burch, dua orang psikolog evolusioner di State University of New York menyebutkan bahwa ‘cairan pria’ bisa digunakan untuk antidepresi dan meningkatkan suasana hati.

Peneliti kemudian mensurvei 293 orang perempuan di State University of New York tentang hubungan seksnya dengan dan tanpa kondom dan kemudian memberi perempuan kuesioner untuk mengukur suasana hatinya.

Nah, lantas seperti apa sebenarnya kandungan gizi yang terdapat dalam sperma sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan?

Saat ejakulasi, rata-rata pria mengeluarkan satu sendok teh air mani. Jumlahnya tergantung pada usia setiap pria (pria muda memproduksi sperma lebih banyak), waktu ejakulasi terakhir dan lamanya ereksi.

Jadi saat ejakulasi, dalam satu sendok teh hanya terdapat satu persen sperma. Hasil penelitian Johnson dan Everit dalam buku’Essential Reproduction(2000) mengungkapkan bahwa sperma mengandung gizi sempurna.

Kandungan utama yang terdapat dalam sperma adalah protein dan hanya sekitar satu persen. Sisanya 99% merupakan cairan yang berfungsi melindungi dan membantu kelincahan sperma untuk mencapai tujuan mereka, yaitu sel telur.

Setiap satu sendok teh dari ejakulasi mengandung 5-7 kalori dan 200-500 juta sperma. Kandungan gizi lainnya, berupa gula fruktosa, air, vitamin C, asam sitrat, enzim, 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, seng, asam amino, magnesium dan kalsium.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pria memiliki jumlah kandungan gizi sperma yang sama. Gaya hidup yang sehat dan mengonsumsi makanan sehat berperan besar dalam kualitas sperma. [berbagai sumber/mor]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: