Memaafkan Membuat Jantung Lebih Sehat


Jakarta- Keikhlasan memaafkan dan melupakan tak hanya bermanfaat bagi kesehatan psikologis, tapi juga kesehatan fisik yaitu baik untuk jantung Anda.

Headline

Penelitian mengungkapkan, mereka yang mampu memaafkan peristiwa yang menyakitkan akan melindungi diri mereka dari lonjakan tekanan darah atau hipertensi yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Seperti dilansir dari dailymail.

Peneliti dari University of California, San Diego meminta lebih dari 200 relawan untuk berpikir tentang teman yang telah menyinggung mereka. Setengah dari kelompok diperintahkan berpikir bahwa hal itu membuat mereka marah, sementara setengah lainnya didorong memaafkan kesalahan teman mereka.

Setelah lima menit berpikir, partisipan diperintahkan berpikir tentang hal itu lagi dengan cara apapun yang mereka pilih. Para peserta dimonitor dengan kabel, yang mengambil tekanan darah dan pembacaan detak jantung.

Tim yang dipimpin oleh Dr Britta Larsen, menemukan kelompok marah melihat peningkatan terbesar dalam tekanan darah dibandingkan dengan kelompok pemaaf setelah sesi merenungkan pertama.

Para penulis mengatakan, meskipun penelitian kecil, penelitian yang diterbitkan di Journal of Medicines Biobehavioural itu menyarankan pengampunan karena bisa memberi reaktivitas yang rendah terhadap stres dan kesehatan fisik lainnya.

Jangka pendek kenaikan tekanan darah diketahui memang tidak berbahaya. Namun jika itu terjadi selama beberapa maka akan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: