Olah Raga Obat Penyakit Jantung dan Depresi


akarta – Selain obat kimia, olah raga secara teratur bisa menjadi obat paling mujarab untuk pengidap penyakit jantung disertai depresi.

Headline

Seperti dilansir dari Reuters, dalam penelitian yang ditulis dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa dari 101 pasien jantung dengan tanda-tanda depresi, kesehatan mereka meningkat setelah melakukan latihan selama 90 menit per minggu.

“Daya tarik olahraga adalah bahwa ia memiliki begitu banyak manfaat fisik lainnya dan seharusnya sesuatu yang sangat dipertimbangkan,” kata Alan Rozanski dari Santo Lukas dan Rumah Sakit Roosevelt di New York.

Menurut penelitian, hingga 40 persen pasien jantung memiliki gejala depresi yang bisamengancam risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung yang lebih parah.

Studi terdahulu telah menghasilkan apakah obat antidepresan atau perawatan medis dapat meringankan depresi pada pasien jantung, tapi ada penemuan lain bahwa ternyata olahraga dapat membantu.

“Kami ingin mengevaluasi olahraga dan obat antidepresan pada pasien dengan penyakit jantung dan gejala depresi tinggi,” kata James Blumenthal, peneliti utama pada kedua studi tersebut saat ini dan laporan sebelumnya.

Blumenthal, seorang psikolog klinis di Duke University Medical Center di Durham, North Carolina, merekrut 101 pasien jantung dengan depresi antara Juni 2006 dan September 2010.

Pasien dipisahkan menjadi tiga kelompok,37 pergi ke sesi latihan diawasi tiga kali seminggu untuk total 90 menit, 40 diberiobatZoloft dan 24 mengambil plasebo, dengan setiap intervensi berlangsung empat bulan.

Para peneliti menganalisis skor depresi peserta pada skala standar 0-68, di mana 0 sampai 8 dianggap normal dan skor yang lebih tinggi mencerminkan lebih depresi berat.Sebelum memulai pengobatan, skor rata-rata setiap kelompok berkisar dari sekitar 13,5-14,5.

Gejala depresi meningkat di seluruh papan dari waktu ke waktu, tetapi pesertayang melakukan latihan dan meminum obat melihat manfaat yang lebih besar dari mereka yang hanya menggunakan plasebo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: