Sering Epilepsi, Ternyata Ada Cacing 23 Cm di Otaknya


Infeksi cacing parasit tidak hanya terjadi di saluran pencernaan. Baru-baru ini dokter di China berhasil mengeluarkan cacing pita sepanjang 23 cm dari otak seorang pasien yang mengeluh sering kejang padahal tidak punya riwayat epilepsi.

Pasien berjenis kelamin perempuan yang tidak disebutkan namanya itu pertama kali mengalami kejang pada Desember 2010. Hasil tes darah menunjukkan adanya infeksi, namun belum diketahui pasti di mana letaknya sehingga tidak segera ditindaklanjuti.

Gambar Sering Epilepsi, Ternyata Ada Cacing 23 Cm di Otaknya tubuh tersebut Telur spot sering Serikat Sebenarnya saraf radang perempuan pencernaan Pasien parasit nutrisi Meski menunjukkan menjelajah mengeluarkan menduga Memicu masuk makanan lapisan lalu khususnya kelamin jiangsu china jenis cacing infeksi Hasil hanya granuloma gaptek update gaptek epilepsi Dokter ditemukan chinadaily cacing pita Bisa atik amerika serikat Amerika akan  cacing whatsonningbo dalam3

Setengah tahun kemudian, serangan epilepsi kembali terjadi dan kali ini hasil CT Scan menunjukkan adanya spot tidak dikenal di otak si pasien yang berasal dari Jiangsu, China timur. Tim dokter segera melakukan operasi untuk mengidentifikasi spot yang diduga memicu kejang tersebut.

Seperti dilaporkan Yangtze Evening Post, tim dokter menemukan granuloma yakni sejenis radang di otak yang dapat memicu serangan epilepsi. Setelah diotak-atik lebih dalam, dokter akhirnya menemukan penyebab yang sesungguhnya dari kejang maupun granuloma di otak pasien.

Penyebabnya tak lain adalah seekor cacing, yang ketika diukur panjangnya mencapai 23 cm. Dikutip dari Chinadaily, cacing yang tinggal dan menyerap nutrisi di otak itu dipastikan termasuk jenis cacing pita yang biasa ada di saluran pencernaan.

Para ahli menduga, cacing tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi pasien. Telur cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan mentah dan akan menetas di saluran pencernaan, namun dalam beberapa kasus bisa menembus lapisan usus lalu menjelajah ke bagian tubuh yang lain.

Meski menghebohkan para dokter di China, cacing yang hidup di otak sebenarnya sering ditemukan khususnya di Amerika Serikat. Lebih dari 20 persen ahli saraf di California mengoperasi pasien untuk mengeluarkan cacing dari otaknya.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: