Tak Mau Kulit Kusam? Jangan Tidur Lewat Jam 22.00


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki atau menjaga kulit tampak sehat. Meskipun kulit terpapat sinar matahari dan debu pada pagi – sore, kulit juga dapat memperbaiki jaringannya.

Tak Mau Kulit Kusam? Jangan Tidur Lewat Jam 22.00

Pasalnya sel kulit berubah-ubah hingga 30 kali dalam 24 jam. Sehingga menyebabkan kulit kehilangan kandungan air diantara sela-sela lapisan kulit. Hal ini akan meningkat 25 persen saat malam hari. Karena kurangnya minum, terekpos AC, atau udara di sekitar.

Menurut dr. Eddy Karta, Sp.KK, seseorang sebaiknya istirahat malam atau tidur malam sebelum pukul 22.00. Karena proses pembelahan sel besar-besaran terjadi sekitar pukul 22.00. Pembelahan sel baru berfungsi untuk meregenerasi kulit, kulit mati akan digantikan oleh kulit baru.

“Jika pukul 22.00 belum tidur, energi untuk pembelahan dialihkan ke aktivitas lainnya, misalnya kerja lembur,” jelas Eddy saat temu media, Selasa (25/9/2012), di Thamrin Nine, Jakarta.

Jika kita tidak bisa tidur sebelum pukul 22.00, kita dapat mengondisikan suasana yang nyaman, agar siap untuk beristirahat, dan kulit siap membelah sel-selnya. Kalau terpaksa kita harus bekerja hingga malam hari, lindungi kulit dengan lotion dan perbanyak minum air putih, serta konsumsi buah dan sayur.

“Kulit itu dapat memilih mana yang harus dilakukan dulu. Kalau kita masih kerja sampai malam, proses regenerasi tertunda, malah nggak regenerasi sama sekali, akhirnya kulit kusam,” tandas dosen FKUI ini. (

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: