Anak Obesitas? Jangan Dipaksa Olahraga


Memaksa anak-anak berolahraga tidak lantas membuat mereka lebih kurus. Itulah kunci untuk memerangi krisis obesitas pada anak. Yang perlu dilakukan adalah mengurangi makanan dan mengatur agar anak-anak agar tidak membalas desakan orang tua untuk berolahraga dengan bermalas-malasan di lain waktu.

Sebuah tinjauan utama penelitian terhadap program olahraga anak-anak telah menemukan bahwa menambahkan kegiatan ekstra pada anak-anak secara keseluruhan tidak mempengaruhi seberapa besar waktu aktif mereka. Pasalnya, mereka hanya sedikit berolahraga di lain waktu.

Artinya, program latihan tambahan tidak akan mengurangi krisis obesitas. Sebaliknya, menurut para ahli yang  menuliskan penemuan dalam British Medical Journal, anak-anak dan orang tua harus apa yang anak santap, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (28/9).

Para peneliti dari Universitas Plymouth Inggris memeriksa 30 percobaan yang dilakukan terhadap lebih dari 14.000 anak. Mereka menemukan bahkan program latihan yang paling ketat dan mahal sekali pun, meliputi latihan intensitas tinggi 90 menit tiga kali seminggu, hanya meningkatkan jumlah berjalan kaki atau berlari penuh dalam waktu 24 jam selama lima menit.

Brad Metcalf, peneliti dan ahli statistik di Plymouth University dan penulis utama studi mengatakan, “Bukti kuat dari ulasan ini menunjukkan bahwa pemaksaan aktivitas fisik memiliki efek yang kecil pada aktivitas keseluruhan anak-anak.”

Rekan penulis Prof Terence Wilkin, profesor endokrinologi dan metabolisme di universitas, mengatakan: “Anak obesitas telah datang dari suatu tempat dan harus kembali dengan cara yang sama ketika menderita diabetes dan penyakit kardiovaskular.”

Dia menambahkan, “Kami semua percaya bahwa berat badan adalah hasil dari ketidakseimbangan antara kalori yang diterima dan kalori yang dikeluarkan.” Jadi, “Jika tidak mungkin mempengaruhi kalori yang dihabiskan anak-anak melalui aktivitas fisik mereka, untuk penyembuhan anak-anak obesitas harus berdasarkan pada kalori yang dikonsumsi.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: