Cerdas dalam memilih Ponsel Kamera


gambartalk48

Indonesia menempati peringkat ketiga di Asia Pasifik sebagai negara pengguna ponsel terbanyak setelah Cina dan India. Data dari Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pengguna ponsel di Indonesia mencapai 250 Juta Jiwa.

Dengan begitu banyaknya pengguna ponsel di Indonesia, dan masih tingginya tingkat pertumbuhan pasar ponsel indonesia, tak heran banyak vendor ponsel baik luar maupun lokal yang terus membanjiri pasar ponsel Indonesia. Begitu banyak vendor ponsel yang terus mengeluarkan produk produk barunya di pasaran.

Beragam fitur dan kemampuan ponsel sangat bervariasi. Hal ini terutama sangat bergantung pada harga dan pasar yang dituju. Berbagai fitur dan kemampuan sangat beragam, mulai dari kamera, layar, touchscreen hingga kemampuan speech recognition. Kamera pada ponsel menjadi salah satu fitur yang paling banyak digemari. Hal ini dikarenakan kamera ponsel dapat menggantikan kamera digital.

Dengan semakin meningkatnya kemampuan dan fitur yang dibawa, kamera ponsel sekarang sudah dapat menghasilkan foto dengan kualitas menyamai kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera digital. Bahkan kamera ponsel lebih unggul dengan kamera digital. Hal ini dikarenakan kamera ponsel sekarang rata-rata sudah dapat tersambung dengan koneksi internet. Koneksi internet memungkinkan pengguna untuk segera mengirim gambar yang baru saja diambil ke berbagai situs sosial atau website yang ada. Berbeda dengan kamera digital tentunya yang perlu kita pindah dulu foto fotonya ke komputer dan baru bisa diupload ke media social dan sebagainya.

Selain menciptakan ponsel kamera yang supercanggih, tidak sedikit vendor yang berinovasi merilis ponsel berharga murah, namun dengan kualitas kamera yang mumpuni. Kemampuan kamera yang mumpuni  pada ponsel murah menjadi daya tarik tersendiri pada pembeli. Selain dapat menghemat uang, pengguna juga masih dapat ber’narsis’ ria.

Agar tak salah menemukan kamera ponsel berkualitas, kami memberikan tips-nya bagi anda dalam memilih :

1. Resolusi Kamera

Bagi kamu yang belum tahu, Resolusi adalah jumlah piksel yang tersusun dalam sebuah gambar yang diambil melalui sebuah lensa kamera. Sebuah gambar/foto terdiri dari ratusan hingga ribuan piksel yang terdapat didalamnya. Semakin besar jumlah piksel dalam sebuah gambar, maka akan semakin tajam gambar yang dihabiskan dan akan semakin bagus saat gambar dicetak.

Jumlah piksel ini biasanya disebutkan dalam satuan MegaPiksel dalam spesifikasi sebuah ponsel. Ponsel dengan harga menengah ke atas biasanya memiliki resolusi minimal 8 Megapiksel (MP) sampai 12 MP. Bahkan Nokia Pure View memiliki kamera beresolusi 41 MP.  Sedangkan kamera  ponsel menengah biasanya berada di resolusi 5 Megapiksel, dan kamera ponsel menengah kebawah mempunyai resolusi di bawah 5 MP.

Jadi bila kamu sedang memilih ponsel kamera, jangan lupa mempertimbangkan resolusi yang dibawa. Apakah 3, 5, 8, ataukah 12 Megapiksel? dan untuk saat ini, sudah tidak zaman kamera dengan resolusi VGA kecuali untuk kamera depan. Sekali lagi, Resolusi mempengaruhi kualitas foto.

2. Flash Light

Flash light adalah sebuah fitur yang biasanya ada dalam sebuah kamera. Kadang untuk menekan harga, flash light tidak disertakan dalam sebuah ponsel. Oleh karena itu, jangan lupa cek kehadiran Flash Light saat membeli ponsel berkamera. Flash light adalah lampu kecil yang berfungsi untuk memberikan penerangan ke obyek saat lensa mengambil gambar. Tentunya kamu sudah tahu akan cahaya putih yang keluar saat kamera mengambil gambar. Itulah Flash light. Flash light merupakan fitur yang sangat penting dalam kamera, terutama saat malam hari. Karena obyek yang sedikit mendapat cahaya, akan terekam ‘buram’ dalam kamera. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh kepada kualitas gambar yang dihasilkan. Apalagi saat malam hari tanpa ada penerangan sama sekali, sebuah lensa kamera bahkan bisa tidak dapat mengambil gambar. Oleh karena itu, cek apakah ponsel yang ingin anda beli memiliki Flash Light?

3. Autofukus, Lensa .

Fitur ini walau bukan fitur yang langsung berpengaruh pada hasil gambar namun pengaruhnya besar pada kamera ponsel yang mana digolongkan sebagai jenis kamera sederhana. Autofokus adalah sebuah kemampuan kamera untuk menempatkan fokus lensa pada obyek yang dipotret. Tanpa adanya penempatan fokus yang benar, foto yang dihasilkan dapat menjadi buram karena salah fokus.

Upayakan untuk tidak memilih kamera dengan fokus yang sudak terkunci atau “fixed fokus”. Hal ini menyebabkan kamera tidak dapat menyesuaikan lensa untuk menempatkan titik fokusnya. Sehingga yang terjadi adalah sang obyek yang harus mendekat atau menjauh untuk memperoleh hasil foto yang jelas.

Untuk  lensa, banyak sekali jenis lensa yang tersedia dipasaran. Tapi yang terbaik tetap satu yaitu lensa Carl Zeins. Bila kamu memiliki kamera dengan lensa Carl zeins, dapat dipastikan hasil foto akan lebih tajam.

4. White Balance, Exposure dan Sciene mode

White balance adalah pengaturan eksposure sebuah gambar. White balance bekerja dengan memperhatikan jenis cahaya yang berada di sekitar obyek foto. Tanpa adanya kemampuan White balance secara otomatis, foto yang dihasilkan akan menjadi berwarna kebiruan, kekuningan atau bahkan kehijauan tergantung dari cahaya yang ada di sekitar obyek foto. Pastinya kamu pernah menemui foto yang demikian.

Pengaturan Eksposure merupakan pengaturan jumlah cahaya yang masuk. Dengan pengaturan sumber cahaya yang masuk, kamu akan mendapatkan foto yang tidak terlalu menyilaukan atau terlalu gelap. Hal ini tentunya juga sangat dipengaruhi sumber cahaya yang ada disekitar obyek.

Fitur fitur ini biasanya sudah dibenamkan dalam ponsel-ponsel saat ini. Mulai dari yang harga murah, sampai ponsel kelas atas.

5. Kemampuan upload Social networking

Tidak dapat dipungkiri kehidupan sekarang (terutama remaja) tidak pernah lepas dari Social Network. Muali dari Friendsteer, Facebook, twitter dan lain lain. Kemudahan dalam menjangkau social media tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi vendor ponsel. Ponsel yang dapat meng’upload’ secara langsung hasil jepretan kamera sudah sangat disukai oleh remaja jaman sekarang. Dengan kemampuan ini, kamu dapat menampilkan fotomu saat itu juga, saat kamu masih berada di tempat pemotretan. Tak perlu lagi menunggu pulang untuk mentransdernya ke komputer terlebih dahulu.

6. Face detection, Smile Detection dan Image Stabilisation

face_detection

Kemampuan yang disebutkan merupakan kemampuan ‘ekstra’. Artinya, kemampuan ini walau tidak ada dalam ponsel, tidak akan mempengaruhi kualitas kamera. Hanya saja, kamu akan jauh lebih mudah mendapatkan gambar dengan kualitas bagus apabila ada fitur diatas dalam ponselmu. Face detection merupakan kemampuan untuk mendeteksi wajah pada gambar. Setelah wajah dideteksi, kamera akan memberikan fokus pada tempat tersebut, sehingga hasil foto akan terlihat lebih tajam.

7. Akses tombol khusus Kamera

Kehadiran tombol khusus untuk kamera sebenarnya merupakan hal yang penting. Dengan adanya tombol ini, bukan hanya kamu dapat mengambil gambar dengan cepat, tapi juga dengan jauh lebih mudah. Sayangnya, dengan teknologi touchscreen saat ini dimana semuanya tidak memerlukan tombol, tombol untuk kamera pun bahkan menjadi dihilangkan. Padahal, cukup sulit mengambil gambar dengan tombol di touchscreen dan bukan tombol secara fisik. Oleh karena itu, fitur ini juga menjadi perhitungan saat membeli ponsel berkamera.

8. Kualitas rekaman video.

Ponsel dengan fitur kamera biasanya sudah dilengkapi kemampuan untuk merekam video. Kemampuan fitur video ditentukan dalam hitungan frame per second. Semakin tinggi frame per second (fps) yang ada, semakin bagus pula kualitas video yang akan dihasilkan.

Apakah anda ingin membeli ponsel berkamera? jangan lupa 8 hal diatas, atau masihkah ada kemampuan lain yang perlu dipertimbangkan??

Berikan komentar atau masukan anda di kolom komentar kami,

Salamareaponsel.info

Read more: http://www.areaponsel.info/cerdas-dalam-memilih-ponsel-kamera/#ixzz29kr3r18W

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: